Beranda » PEMILU LEGISLATIF » Pilpres 2014 Belum Perlu Ada Calon Perseorangan
Jumat, 23 Maret 2012 - 02:15:37 WIB
Pilpres 2014 Belum Perlu Ada Calon Perseorangan
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: PEMILU LEGISLATIF - Dibaca: 4872 kali

Detik.com - Di dalam praktik penjaringan bakal capres selama ini, sebenarnya sudah banyak tokoh non partai politik yang diusung partai politik. Maka dari itu tidak perlu ada capres perseorangan dalam pelaksanaan Pilpres 2014.

Demikian pandangan pribadi Ketua Mahkaman Konstitusi (MK), Mahfud MD, mengenai wacana capres independen atau perseorangan dalam Pilpres 2014. Dia dicegat wartawan usai menjadi pemateri di Kantor DPP PDIP, Jl Lenteng Agung, Jakarta, Senin (28/3/2011).

"Menurut saya, capres dari partai politik sudah sehat dan benar," ujar Mahfud.

Dia menilai yang lebih perlu untuk diperbaiki dalam revisi paket UU politik adalah menyehatkan partai politik. Di dalam keperluan penyelenggaran pilpres, maka yang jadi prioritas adalah keterbukaan partai politik mengakomodir tokoh dari luar.

Praktik yang selama ini berjalan sebenarnya sudah cukup baik. Misalnya dukungan partai politik terhadap Boediono, Hazim Muzadi dan Siswono sebagai salah satu peserta Pilpres 2004 dan 2009.

"Tapi saya harap parpol lebih terbuka lagi untuk tokoh kompeten dari luar parpol," imbuh Menhan RI era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Bila pada perkembangan berikutnya calon perseorangan tetap dinilai harus ada dalam pilpres, maka keputusan ada di tangan MPR. "Soal apa perlu perubahan adanya calon perseorangan atau tidak, itu keputusuan di MPR. Kan MPR ada tim ahli dan negarawan," ujar dia.

Adi Lazuardi - detikNews

    0 Komentar :