Beranda » BERITA » Bimtek Persiapan Penelitian Administrasi Dokumen Persyaratan Parpol
Kamis, 26 Oktober 2017 - 11:44:57 WIB
Bimtek Persiapan Penelitian Administrasi Dokumen Persyaratan Parpol
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 89 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id-Memasuki tahapan penelitian administrasi dokumen persyaratan partai politik (parpol) calon peserta pemilu tahun 2019, KPU Kota Magelang melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) kepada anggota kelompok kerja terkait pada Selasa (24/10) di Hotel Atria, Jalan Jenderal Sudirman No.42 Magelang.

Materi bimtek disampaikan oleh Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron. Anggota KPU Kota Magelang Divisi Hukum tersebut mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017, kegiatan penelitian administrasi berlangsung selama 30 hari, yakni sejak 17 Oktober sampai dengan 16 November 2017.

Basmar menjelaskan, objek penelitian administrasi adalah dokumen yang diserahkan oleh parpol kab/kota pada masa pendaftaran, telah mendapatkan tanda terima dari KPU Kab/Kota dan pendaftaran parpol yang bersangkutan telah dinyatakan lengkap oleh KPU RI. “Hasil penelitian nantinya akan disampaikan kepada masing-masing parpol untuk dilakukan perbaikan jika belum memenuhi syarat batas minimal keanggotaan,” tambahnya.

Salah satu peserta bimtek dari Kantor Kesbangpolinmas Kota Magelang, Makhmud Yunus menyampaikan pertanyaan mengenai identifikasi data ganda eksternal dan status keanggotaan bagi yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah. Sementara itu peserta bimtek lainnya, Anggota KPU Kota Magelang Divisi Hukum Iwan Dono Indarto mempertanyakan prosedur penelitian terkait kegandaan internal serta unsur data yang ada pada KTP Elektronik.

Usai penyampaian materi, peserta bimtek dikelompokkan menjadi 4 (empat) tim. Masing-masing tim bertugas meneliti dokumen parpol yang telah ditentukan. Penelitian administrasi dilakukan dengan mencocokan kesesuaian data pada Lampiran 2 Model F2 Parpol, salinan KTA, salinan KTP elektronik/Surat Keterangan dengan data yang bersumber dari Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sebagaimana diketahui, sebelumnya sebanyak 14 parpol telah diterima pendaftarannya serta dinyatakan lengkap oleh KPU RI.

Selain jajaran internal KPU Kota Magelang, bimtek diikuti oleh instansi terkait yakni Kesbangpolinmas, Disdukcapil serta Panwas Kota Magelang. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.



0 Komentar :