Beranda » BERITA » Rakor Penyusunan Daftar Pemilih pada Pilgub Jateng Tahun 2018
Kamis, 11 Januari 2018 - 12:42:18 WIB
Rakor Penyusunan Daftar Pemilih pada Pilgub Jateng Tahun 2018
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 48 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Selasa (09/01/2018) di Kantor Kesbangpolinmas Kota Magelang.

Dalam sambutannya Basmar menyampaikan bahwa dalam Tahapan Pemilihan Serentak di Jawa Tengah, saat ini adalah tahapan pencalonan jadi sebagai penyelenggara pemilu maka kita harus tahu tahapan pemilu.  Setelah tahapan pencalonan selanjutnya tahapan penyusunan daftar pemilih, dalam penyusunan daftar pemilih nanti, petugas pendaftaran pemilih harus benar-benar mencocokkan data dari DP4, jangan sampai informasi yang disampaikan dari KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU Kota Magelang terjadi kesalahpahaman. Petugas pendaftaran pemilih harus datang dari rumah ke rumah jangan hanya mendatangi RT setempat saja,”ujar Basmar.

Anggota KPU Kota Magelang Iwan Dono Indarto Divisi Perencanaan dan Data menyampaikan pemaparannya tentang Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, diantaranya hasil analisis DP4 KPU Kota Magelang adalah Cakupan wilayah 3 Kecamatan dan 17 Kelurahan; Total jumlah DP4 sebesar 97.699 pemilih terdiri dari 46.785 laki-laki dan 50.914 perempuan; Pemilih Pemula sebesar 5.254  pemilih terdiri dari 2.684 laki-laki dan 2.570 perempuan; Jumlah disabilitas sebesar 206 pemilih dengan rincian Disabilitas fisik 65 pemilih, tunanetra 15 pemilih, tunarungu 27 pemilih, disabilitas mental 71 pemilih, disabilitas fisik dan mental 5 pemilih, disabilitas lainnya 23 Pemilih. DP4 tersebut kemudian dijadikan data sandingan dalam penyusunan daftar pemilih pada pemutakhiran daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018, yang bersumber dari DPT Pemilu/Pemilihan terakhir ditambah pemilih pemula,”papar Iwan.

Iwan juga menyampaikan mekanisme sinkronisasi yaitu proses penyesuaian data wilayah, pencarian padanan data, proses updating /pembaharuan data dan proses identifikasi kegandaan/duplikasi data. hasil sinkronisasi DP4 tersebut kemudian digunakan oleh KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota sebagai bahan dalam melakukan pemutakhiran data pemilih; KPU/KIP Kabupaten/Kota kemudian menyusun daftar Pemilih berdasarkan data hasil sinkronisasi dari KPU menggunakan formulir Model A-KWK; Penyusunan daftar Pemilih dilakukan dengan membagi Pemilih untuk tiap TPS paling banyak 800 (delapan ratus) orang; Kebijakan KPU Provinsi Jawa Tengah penyusunan daftar pemilih untuk tiap TPS 400 – 500 orang.

Setelah kegiatan rapat koordinasi tersebut dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Rabu (10/01/2018) di Kantor Kesbangpolinmas Kota Magelang.

Adapun peserta dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua PPK dan Divisi Mutarlih Se Kota Magelang, Ketua PPS dan Divisi Mutarlih Se Kota Magelang.




0 Komentar :