Beranda » BERITA » Rapat Kerja Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kota Magelang dalam Pemilu Tahun 2019
Selasa, 23 Januari 2018 - 15:07:04 WIB
Rapat Kerja Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kota Magelang dalam Pemilu Tahun 2019
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 97 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Rapat Kerja Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kota Magelang dalam Pemilu Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, Senin (22/01) di Hotel Atria Magelang.

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyampaikan bahwa penataan Dapil harus berdasarkan 7 (tujuh) prinsip dalam Peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum.

Dalam Pemaparannya, Budi Sulistyo Divisi Teknis menyampaikan tentang penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kota Magelang dalam Pemilu 2019, diantaranya ketentuan dalam penataan Dapil yaitu yang pertama Dapil anggota DPRD Kab/Kota adalah kecamatan atau gabungan kecamatan, yang kedua jumlah kursi DPRD Kab/Kota paling sedikit 3 paling banyak 12 dan yang ketiga dalam penentuan Dapil tersebut tidak boleh menggunakan bagian kecamatan.

Sementara itu, Ka.Sub.Bag Teknis dan Hupmas Kukuh Jatwati menyampaikan bahwa berdasarkan petunjuk teknis penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kab/Kota dalam pemilihan umum, KPU Kab/Kota menyampaikan usulan penataan dapil dan alokasi kursi anggota  DPRD Kab/Kota untuk dicermati kepada publik, penyampaian tersebut dilakukan melalui metode; menempelkan di papan pengumuman, mengumumkan melalui laman KPU/KIP Kab/Kota dan/atau mengirimkan usulan penataan dapil dan alokasi kursi kepada peserta uji publik. Ia menambahkan “waktu penyampaian mengacu pada tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019,”ujarnya.

Selain jajaran internal KPU Kota Magelang, raker diikuti oleh instansi terkait yakni Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Magelang.



0 Komentar :