Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Memasuki Tahapan Pencalonan, Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang melaksanakan Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten/ Kota pada Pemilihan Umum 2019, pada Jumat (13/07). Acara dilaksanakan di Hotel Atria Magelang, Jalan Jenderal Sudirman No.42 Magelang.

Sebagai narasumber dalam kegiatan adalah mantan Ketua KPU Kota Magelang periode 2008-2014 Dra. Eny Boedi Oerbawati, M.Si dan KPU Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin, S.Ag. Adapun selaku moderator yakni Anggota KPU Kota Magelang Singgih Hardjanto, S.Pd.

Eny dalam pemaparannya menyampaikan tentang pemilih yang cerdas. Diantaranya Ia menjelaskan Perilaku Memilih (Voting Behavior) yakni Memilih karena berdasarkan kesamaan golongan, suku, agama atau status sosial ;Memilih berdasarkan kesamaan ideologi, visi dan pandangan serta pada afiliasi partai politik; Memilih berdasarkan pramagtisme politik; Memilih berdasarkan program yang relevan dan terukur serta rekam jejak kontestan yang berintegritas dan paham pada persoalan bangsa.

Menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas yaitu dengan menggunakan hak pilih, mengetahui jejak karir dan prestasi calon pemimpin, memahami visi dan misi calon pemimpin, tidak tergoda dengan iming-iming para calon, bijak dalam menyaring informasi, menelusuri kemungkinan jejak kasus para calon dan mengetahui teknis pemilihan dengan baik, “jelasnya.

Sementara pemaparan dari Ikhwanudin tentang pedoman teknis pengajuan  dan verifikasi anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota sesuai dengan keputusan KPU Nomor 876 Tahun 2018, dimana ia menjelaskan tata cara persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen syarat bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota pada Pemilu 2019.

Peserta undangan yang hadir dari unsur Parpol Pemilu 2019, LSM, Forpimda, Panwas Kota Magelang, Rumah Sakit Pemerintah, Mahasiswa, Tokoh Agama dan Dinas Terkait.

a