Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Kepada Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kota Magelang. Bimtek berlangsung di Hotel Atria, Selasa (4/11/2018).

Bimtek ini dihadiri oleh Liaison Officer (LO) dan Operator Partai Peserta Pemilu Tahun 2019. Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto yang turut hadir dalam bimtek ini menuturkan kepada peserta bimtek untuk selalu melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye melalui Sistem Dana Kampanye (Sidakam).

"Pelaporan dana kampanye melalui Sidakam akan mempermudah pelaporan dana kampanye yang diterima maupun yang dikeluarkan oleh peserta pemilu" ujarnya.

Untuk itu, diharapkan dengan Bimtek yang dilaksanakan kali ini. Tidak ada lagi kendala yang akan dihadapi dalam penyampaian LPSDK oleh peserta pemilu dan parpol peserta pemilu dapat melaksanakan apa yang diharuskan dengan maksimal.

Selaku narasumber Iwan Budiyono dari Ikatan Akuntan Indonesia menyampaikan bahwa LPSDK merupakan pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima pasangan calon setelah Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang disampaikan kepada KPU Provinsi atau KPU kabupaten/Kota.

Sedangkan Muslim Aisha dari KPU Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa bentuk sumbangan dana kampanye berupa uang, barang dan jasa. Peserta Pemilu dilarang menerima sumbangan dari : pihak asing; penyumbang atau pemberi bantuanyang tidak jelas identitasnya, hasil tindak pidana yang telah terbukti berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan/atau bertujuan menyembunyikan atau menyamarkan hasil tindak pidana; pemerintah dan pemerintah daerah , badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, pemerintah desa, dan badan usaha milik desa atau sebutan lain, “paparnya.