Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Sosialisasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, kegiatan berlangsung di Hotel Atria Magelang, Kamis (06/12/2018).

Sebagai narasumber adalah mantan Anggota  KPU Kota Magelang periode 2008-2013 Eny Budi Orbawati dan Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti. Adapun selaku moderator yakni Anggota KPU Kota Magelang Ignatius Bambang Sarwodiono.

Eny Budi Orbawati dalam pemaparannya menyampaikan tentang Kampanye Bijak, Beradab dan Mencerdaskan. Diantaranya Eny menjelaskan Etika Kampanye yaitu adanya kesadaran para pelaku kampanye partai untuk membedakan apa yang baik dan apa yang tidak baik, apa yang patut dan apa yang tidak patut disampaikan dalam kampanye; adanya kesadaran moral para pelaku kampanye, yaitu adanya kemampuan untuk mengatakan dan melakukan apa yang baik dan patut, sambil menolak untuk mengatakan dan melakukan apa yang tidak baik dan tidak patut untuk disampaikan dan diperlihatkan kepada publik; adanya kejujuran, kejujuran adalah prinsip yang melekat pada kampanye karena yang disampaikan kepada publik adalah hal-hal yang menyangkut hidup-mati dan masa depan publik itu sendiri; adanya sopan santun (etiket) dan adanya pertanggung jawaban.

Sementara itu, Diana Ariyanti menyampaikan bahwa Peserta Pemilu dilarang membuat materi iklan dalam bentuk tayangan atau penulisan berbentuk berita; membiayai pembuatan desain dan materi Iklan Kampanye yang difasilitasi KPU; wajib mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika periklanan.

Hadir dalam kegiatan adalah dari unsur Partai Peserta Pemilu 2019, LSM, Bawaslu Kota Magelang, Polres Kota Magelang, Dinas Terkait, Camat Se Kota Magelang, Lurah Se Kota Magelang, Danramil Se Kota Magelang, Kapolsek Se Kota Magelang, Segmen Agma dan Radio. (Red.SH/Foto.Tekmas)