Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melaksanakan Pelantikan dan Pembekalan Relawan Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat Kota Magelang. Senin (21/1/2019) bertempat di Hotel Oxalis Magelang, Jalan Cempaka No.17 Kemirirejo Kota Magelang.

Dari 90 Calon Relawan Demokrasi yang telah mendaftar hanya 55 calon yang diterima oleh KPU Kota Magelang dalam mengisi 5 segmen yang menjadi perpanjangan tangan KPU Kota Magelang kepada masyarakat.

Turut hadir dalam acara Bawaslu Kota Magelang, Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang

perang ide dan gagasan menjadi ujung tombak demokrasi Pemilu 2019.

Perbedaan pilihan itu hal yang wajar dalam politik.

Sebagai relawan demokrasi kita harus menularkan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019. Memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menangkal berita yang tidak benar / berita hoax. Cerdas dalam menggunakan hak pilihnya dengan mengenali visi-misi dan program peserta pemilu, kenali riwayat hidup calon dan parpol pengusungnya, pastikan kualitas pilihannya dan berikan suara dengan benar,”terang Basmar.

Kegiatan yang sedang berjalan adalah sosialisasi, pembentukan badan penyelenggara (penambahan jumlah anggota PPK), pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, kampanye, laporan dan audit dana kampanye,”lanjut Sukorini.

Bambang menambahkan bahwa kode etik relawan demokrasi adalah suatu kesatuan asas moral dan etika yang telah ditetapkan, kode etik dimaksudkan untuk mejadi pedoman bagi relawan demokrasi agar memiliki integritas dan professional.

55 relawan demokrasi yang terpilih akan dikelompokan menjadi 10 basis pemilih, yakni basis pemilih keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih marginal, basis pemilih komunitas, basis pemilih keagamaan dan basis warga internet (netizen).