Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang melaksanakan kegiatan Pendidikan Pemilih Bersama Stakeholder dengan tema Sukses Pemilu 2019 di Kota Magelang, Rabu (06/02/2019) bertempat di Hotel Atria Magelang, Jalan Jend. Sudirman No.42 Magelang.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos Dosen FISIP Universitas Diponegoro Semarang dan Diana Arianti, S.P Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah. Sebagai Moderator Ketua KPU Kota Magelang Drs.Basmar Perianto Amron, M.M.

Dalam Pemaparannya Nur Hidayat Sardini menjelaskan bahwa Siklus Pemilu diterapkan dibanyak negara tidak seragam, namun dijalankan menurut kerangka hukum atau konstitusi negara masing-masing Kendatipun demikian, terdapat kesepakatan bahwa peraturan tahapan-tahapan Pemilu secara minimum menerapkan beberapa tahapan yang menjadi tahapan kunci di dalam tiap Pemilu yang diterapkan oleh negara yang menerapkan Pemilu dengan standar internasional dan pengakuan internasional dalam Pemilu memengaruhi penilaian internasional.

Lima tahapan Kunci Pemilu terdiri atas: daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara dan penetapan hasil Pemilu.

Sedangkan Diana Arianti menyampaikan pemilih yang berhak memilih di tps yaitu: Masuk Daftar Pemilih Tetap  (DPT): DPT disusun KPU berdasarkan  data pemilih pada pemilu terakhir  yang disandingkan dengan data  kependudukan Kemendagri, Pemilih dalam DPT akan mendapatkan surat pemberitahuan  memilih (Form C6) dan bisa  mencoblos pukul 07.00-13.00  waktu setempat dengan membawa  C6 dan e-KTP, Berhak menerima 5 jenis surat suara; Masuk Daftar Pemilih Tambahan  (DPTb): Pemilih dalam DPT yang pindah  memilih di TPS yang berbeda dari lokasi  yang sudah didata, Pemilih mengurus surat pindah memilih (form A5) di PPS atau ke KPU Kab/Kota  asal paling lambat H-30 sebelum  pemungutan suara, dan akan  menerima form memilih (A5) untuk  dilaporkan ke PPS atau KPU Kab/Kota  tujuan, Pemilih bisa mencoblos pukul 07.00-13.00 waktu setempat dengan membawa form A5 dan e-KTP, Pemilih tetap diberikan 5 jenis surat  suara jika mencoblos di TPS masih dalam  dapil yang sama. Namun, jika  mencoblos di TPS dapil berbeda jumlah  surat suara yang diterima menyesuaikan; Masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK): DPK adalah warga yang punya hak  pilih namun belum terdata dalam  DPT, Hanya bisa menggunakan hak  pilihnya satu jam terakhir sebelum  TPS ditutup yaitu pukul 12.00-13.00  waktu setempat, dengan catatan  selama surat suara masih tersedia  dengan membawa e-KTP, Hanya bisa memilih di TPS sesuai  alamat pada e-KTP, tidak bisa di  TPS lain, dan berhak menerima 5 jenis surat suara.

Hadir dalam kegiatan dari unsur: Bawaslu Kota Magelang, LSM, OPD Kota Magelang, Danramil, Kapolsek, Camat, Perguruan Tinggi, Ormas dan Forum Perempuan