Bandungan, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar Evaluasi Pemungutan dan Rekapitulasi Penghitungan Suara Serta Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 bertempat di Bandungan, Minggu - Selasa (28 – 30/7/2019).

Sulitnya mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan memadai atau rekruitmen yang dilaksanakan dengan standar sesuai kapasitas yang dibutuhkan oleh KPU, menjadi faktor permasalahan dalam pemilu 2019.

“Beban kerja bertambah namun tidak diimbangi dengan jumlah penyelenggara dan penambahan waktu yang sesuai’ ujar Dosen Unika Soegijapranata Andreas Pandiangan.

Selain itu kurangnya waktu dan anggaran untuk melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi faktor pemicu banyaknya kesalahan input dalam formulir C1.

“Ukuran surat suara pemilu 2019 yang terlalu besar membuat pemilih kesulitan untuk membuka dan melipat kembali, diharapkan untuk menjadi pertimbangan melaksanakan e-counting hasil pemungutan suara” ungkap Andreas