Magelang, kpud-magelangkota.go.id – Rapat Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Umum Tahun 2019 telah dituntaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, bertempat di Ruang Prambanan Hotel Puri Asri. Senin (30/09/2019)

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyampaikan Data pemilih yang akurat memberikan implikasi dalam menopang pemilihan umum (Pemilu). Dinamika yang seiring bertambah atau bahkan berkurangnya data pemilih menjadi hal yang perlu dicermati.

Bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang selaku penyedia data yang akurat, serta peran pengawas yakni Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang sangat penting dalam masa pencocokan dan penelitian data pemilih.

“Jangan sampai proses koordinasi menjadi penghambat, mari kita tingkatkan koordinasi antar lembaga agar menghasilkan data pemilih yang akurat dan valid” tutur Basmar di depan perwakilan dari Disdukcapil, Bawaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Magelang.

Senada dengan Ketua KPU Kota Magelang, Ahmat Sholichin selaku Kabid Piak dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Magelang berusaha semaksimal mungkin untuk membantu memfasilitasi akses data base pengecekan validitas dan keakuratan data pemilih.

Perlu kesadaran dari penduduk pribadi untuk melapor terkait dengan pindah keluar atau masuk sehingga data kependudukan akan terus ter-update.

“Apresiasi kepada semua stakeholder yang sudah bekerja dengan baik, kami selalu berupaya semaksimal mungkin membantu KPU dalam menyediakan data yang akurat dan valid” papar Ahmat.

Endang Sri Rahayu selaku Ketua Bawaslu Kota Magelang pun sependapat Bawaslu berharap apa yang direkomendasikan untuk ditindaklanjuti dan selalu berkoordinasi.

“Tujuan kita sama, kita ingin data pemutaakhiran pemilih akurat dan valid” tandasnya.