Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Evaluasi Pengelolaan Keuangan Tahapan Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, Rabu (02/10/2019) di Hotel Atria Magelang, yang diikuti oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Pemilu 2019.

Dalam pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahapan Pemilu 2019, Sekretaris PPK/ Sekretaris PPS/ Ketua KPPS bertanggungjawab secara formil dan materil terhadap perintah pembayaran yang dikeluarkaan dan penggunaaan bukti sah yang membebani anggaran.

Hasil evaluasi pengelolaan keuangan antara lain bahwa keterlambatan pelaporan pertanggungjawaban keuangan di tingkat PPS dikarenakan beban tugas ganda yang harus dilaksanakan, yaitu sebagai bndahara dan pelaksanaan tugas administrasi di kelurahan. Banyaknya KPPS yang belum paham terkait dengan bukti pertanggungjawaban anggaran yang disalurkan ke TPS, KPPS hanya berfokus pada penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Sementara rekomendasi yang disampaikan adalah adanya pendampingan dari pihak keamanan pada saat penyaluran anggaran dan penyaluran anggaran dilaksanakan perbulan.