Magelang, kpud-magelangkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar rapat Penyusunan dan Analisis Data Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan  diselenggarakan tanggal 14 – 18 Oktober 2019 bertempat di Hotel Puri Asri Kota Magelang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota KPU Kota Magelang Divisi Hukum dan Pengawasan Srie Nugraheni, Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Sukorini Saddewi Tyastuti, Sekretaris KPU Kota Magelang Ira Wahyu Catur K, perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang) Rumiyati, dan perwakilan dari Penelitian Pengembangan dan Statistik (Libang) Zaenal Arifin serta jajaran sekretariat KPU Kota Magelang.

Rumiyati menyampaikan bahwa masyarakat Kota Magelang perlu mencermati data calon pemilih dalam setiap tahapan pemilu yang akan belangsung dan masyarakat juga harus dapat ikut berkontribusi dalam penyesuaian data atau update data dalam Kartu Keluarga (KK) agar nantinya data tersebut valid.

“Teknik penyediaan data dari Dinas Pencatatan Sipil yang sudah sangat prosuderal akan membuat kita berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan data pemilh dalam pemilu yang akan berlangsung”, ungkap rumiyati

Sejalan dengan Rumiyati, Zaenal menuturkan bahwasanya masyrakat saat ini memerlukan data yang disajikan dalam bentuk lebih ringkas seperti table, infografis dan mudah dipahami.

“Publikasi hasil pemilu yang mudah diakses oleh masyarakat dalam bentuk infografis yang menarik menjadi kunci penyediaan data analisis yang mudah dipahami oleh masyarkat” tandas Zaenal.