Magelang, kpud-magelangkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melaksanakan Audiensi dalam Rangka Pengembangan Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Magelang Bersama Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Magelang, Jumat (18/10/2019) di Kelas 9 G SMP Negeri 2 Magelang.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengisi materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). ia menyampaikan bahwa selain tugas penyelenggara Pemilu, KPU Kota Magelang juga mempunyai tugas melaksanakan pendidikan pemilih, kegiatan pendidikan pemilih yaitu memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kepemiluan dan demokrasi.

Salah satu pendidikan pemilih yaitu Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Magelang yang lebih dikenal dengan Selasar Informasi dan Prespektif Pemilu (SMART-PEMILU). Diharapkan SMART PEMILU dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan penyelenggara pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta dapat menjadi salah satu tujuan wisata edukasi di Kota Magelang untuk belajar kepemiluan dan demokrasi,.

“Ayo jadikan SMART PEMILU sebagai tujuan wisata edukasi kepemiluan dan demokrasi sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap pemilu maupun pilkada untuk perbaikan kualitas negara dan bangsa dari waktu ke waktu” tandasnya.

Basmar juga menambahkan bahwa bentuk demokrasi yang pertama adalah demokrasi langsung, yaitu semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. yang kedua demokrasi perwakilan yakni seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan.

“Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi, baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. “terangnya.