Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar Acara Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, Rabu (13/11/19) di Hotel Atria Magelang

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin, S.Ag dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang Bambang Tjatur Iswanto, S.H.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Magelang Drs.Basmar Perianto Amron,M.M  menyampaikan bahwa KPU Kota Magelang siap menyambut Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 dengan tema Resik Lan Mumpuni, Resik bermakna penyelenggaraan Pemilu yang bersih, jujur, adil, transparan dan tidak ada pertentangan mengenai isu Suku, Agam, Ras dan Antargolongan (SARA). sedangkan Mumpuni bermakna bahwa pemimpin yang terpilih mempunyai kemampuan untuk memajukan Kota Magelang dan mampu mensejahterakan masyarakat Kota Magelang.

penyampaian materi dari Ikhwanudin tentang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, ‘ia menyampaikan transparansi informasi data menjadi nilai lebih untuk meningkatkan kepercayaan publik. Pemilihan Kepala Daerah bukan hanya tugas KPU tapi semua elemen Masyarakat, Partai Politik dan Stakeholder terkait.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 adalah pelaksanaan kedaulatan  rakyat  di wilayah Kota Magelang untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 secara langsung dan demokratis. Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang  terdapat 2 (dua) tahapan antara lain: tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Jadwal Tahapan Penyelanggaraan diantaranya adalah Pemungutan dan Penghitungan Suara  pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang yang jatuh pada tanggal 23 September 2020.

Sementara itu, Bambang Tjatur Iswanto menyampaikan Jumlah Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia antara lain : Pemilihan Gubernur ada di 9 (sembilan) daerah, Pemilihan Bupati di 224 (dua ratus dua puluh empat) Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemilihan Wali Kota di 37 (tiga puluh tujuh) Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Daerah Kota Magelang.

Bambang Tjatur Iswanto juga menambahkan tentang masa jabatan yakni menurut Kementriab Dalam Negeri hasil Pilkada tahun 2020 masa jabatannya kurang dari 5 (lima) tahun dikarenakan pada tahun 2024 akan dilaksanakan Pilkada serentak.

Hadir dalam acara yakni dari Partai Politik peserta Pemilu 2019, Dinas/Intsansi terkait, LSM, Camat, Lurah, Bawaslu Kota Magelang, Perguruan Tinggi, Ormas dan Organisasi Keagamaan.