Magelang, kpud-magelangkota.go.id. Rabu (17/06/2020) Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang selenggarakan kegiatan bincang udara di Radio Magelang FM. Bincang udara merupakan salah satu sarana sosialisasi pendidikan pemilih yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Kota Magelang.

Dipandu penyiar Magelang FM Sagita Arum Pratiwi, dan selaku narasumber dalam bincang udara Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron dan Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Ign. Bambang Sarwodiono. Materi bincang udara kali ini seputar penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19.

Basmar menyampaikan, dengan diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga  atas  Peraturan KPU  Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, KPU Kota Magelang segera melakukan langkah-langkah persiapan. Diantaranya menerbitkan Keputusan KPU Kota Magelang Nomor 37/PP.01.2-Kpt/3371/Kota/VI/2020 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan KPU Kota Magelang Nomor 64/PP.01.2-Kpt/3371/Kota/IX/2019 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020.

Selain itu juga disampaikan mengenai hari pelaksanaan pemungutan suara yang ditetapkan pada tanggal 9 Desember 2020, pengaktifan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan  Sekretariat PPK, dan  penetapan dan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Sekretariat PPS sejak tanggal 15 Juni 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang menambahkan adanya kewajiban untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pemilihan. Selain itu, juga terus berupaya untuk menyusun strategi-strategi sosialisasi yang dijalankan, agar informasi yang diberikan  bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, lanjut Bambang.

Kegiatan bincang udara diakhiri dengan himbauan agar masyarakat Kota Magelang tidak terlalu khawatir terhadap jalannya kegiatan yang berkaitan dengan pemilihan. Basmar menegaskan, pihaknya selalu berupaya mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam setiap tahapan pemilihan. (Red.Bambang)