Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang,  menggelar  Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual bersama  dengan seluruh Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan  Suara (PPS) se Kota Magelang serta Ketua dan Anggota KPU Kota Magelang, Kamis (18/6/2020).

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyampaikan bahwa "dengan dimulainya tahapan pemilihan lanjutan tanggal 15 Juni 2020, seluruh jajaran penyelenggara harus secepatnya mempersiapkan dan merencanakan langkah-langkah operasional dalam pelaksanaan tahapan yang sudah di depan mata", terang Basmar.

Sependapat dengan Basmar, Anggota KPU Divisi Hukum dan Pegawasan Srie Nugraheni  memberikan pesan "sebagai penyelenggara pemilihan harus senantiasa menjaga integritas, memegang teguh kode etik, mengedepankan asas adil, profesional dan transparan", pesan Heni.

Dihadapan seluruh peserta yang mengikuti rakor virtual ini Anggota KPU Divisi Teknis Sukorini Saddewi Tyastuti mengungkapkan "pelaksanaan pemungutan suara  dimasa pandemi Covid-19  di desain  dengan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19   seperti  Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diperluas agar pembatasan jarak  tetap terjaga,  satu alat coblos dan sepasang sarung tangan  untuk  satu pemilih, serta penyediaan sarana untuk cuci tangan", ungkapnya.

Dikesempatan selanjutnya, secara singkat Bambang Sarwodiono Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih mengingatkan tentang pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) harus segera dilaksanakan karena tahapan pembentukan dimulai tanggal 24 Juni 2020.

Sejalan dengan pesan singkat Bambang, Purwanti Juli Wardani  Anggota KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi menegaskan bahwa "Tahapan  Pemutakhiran Data Pemilih  yang paling awal adalah pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilaksanakan oleh PPDP", tegasnya.
(red.Purwanti/Foto.KPU Kota Magelang)