Magelang, www.kpud-magelangkota.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan dan penyusunan pertanggungjawaban dana hibah Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 yang bertempat di ruang rapat KPU Kota Magelang. Senin – Selasa (22-23/06/2020). Bimtek diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) & Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Magelang, yang pelaksanaannya terbagi dalam 3 (tiga) gelombang.

Dalam sambutannya, Basmar Perianto Amron Ketua KPU Kota Magelang berharap “Penyelenggaraan pemilihan ditengah pandemi Covid-19 merupakan tantangan kita sebagai penyelenggara pemilihan, mari kita jaga integritas untuk mewujudkan pemilihan yang berkualitas. Hubungan yang harmonis dan koordinasi yang baik antara PPK dan Sekretariat PPK serta PPS dengan Sekretariat PPS, merupakan modal pokok dalam penyelenggaraan pemilihan, kata Basmar.

Sekretaris KPU Kota Magelang, Ira Wahyu Catur K dalam paparannya menyampaikan prinsip dan tanggungjawab pengelolaan keuangan dana hibah pemilihan, meliputi:

1. Pertanggungjawaban keuangan badan penyelenggara Ad Hoc (PPK, PPS, KPPS) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pertanggungjawaban keuangan KPU Kota Magelang.

2. Prinsip  pengelolaan transparan, akuntabel, effektif , effisien & hirarki (berjenjang) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Tanggungjawab penggunaan dana baik secara formil & materiil yang diterima KPU Kota Magelang, PPK, PPS, dan KPPS adalah masing-masing yang bersangkutan yang dituangkan dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab atas Penggunaan Anggaran.

“Penyusunan dan penyampaian laporan pertanggungjawaban dana hibah diharapkan tertib dan tepat waktu. Penyusunan laporan tidak hanya menjadi tanggung jawab di jajaran sekretariat, namun juga perlu dukungan dari PPK dan PPS. Sejak awal mari kita persiapkan diri dengan baik, apabila sewaktu-waktu ada pemeriksaan dari Badan Pengawas dan Pembangunan (BPKP) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kita sudah siap", tandas Ira.

Sebagai informasi, guna penerapan protokoler kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dalam pelaksanaan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 seluruh penyelengara pemilihan dari tingkat KPU, PPK, PPS, PPDP dan KPPS akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, face shield, sarung tangan, thermo gun, sabun cuci tangan, tong air dan alat semprot disinfektan.