Magelang, kpud-magelangkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020, Rabu (19/08/2020). Rapat mengundang perwakilan partai politik peraih kursi DPRD Kota Magelang di pemilihan umum 2019 dan stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyampaikan bahwa tahapan pemilihan sempat ditunda beberapa waktu lalu. Kemudian dilanjutkan di masa bencana nonalam Covid-19 dimana saat ini memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon. “KPU Kota Magelang mempunyai kewajiban untuk menetapkan persyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai politik, dengan Keputusan KPU Kota Magelang sebelum pengumuman pendaftaran Pasangan Calon,” jelas Basmar.

Selaku narasumber, Anggota KPU Kota Magelang Divisi Teknis Pencalonan Sukorini Saddewi Tyastuti memaparkan tahapan pencalonan, syarat pencalonan, syarat calon dan tata cara penyampaian berkas. “Pengumuman pendaftaran akan dimulai tanggal 28 Agustus  s.d.3 September 2020 dan pendaftaran bakal pasangan calon dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 6 September 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” terangnya.

Sukorini menambahkan, bakal calon yang berlatar belakang anggota DPRD, TNI, Polri, PNS, BUMN/BUMD dan kepala desa atau perangkat desa atau sebutan lain  wajib mengundurkan diri dengan menyertakan surat pengunduran diri.

Sejumlah pertanyaan dilontarkan peserta rakor dalam sesi tanya jawab. Di antaranya mengenai pemenuhan surat keterangan dari Pengadilan Negeri,  syarat-syarat permohonan SKCK, dan media massa yang terverifikasi di Dewan Pers. 

Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Sri Rahayu menyampaikan harapannya agar parpol benar-benar mempersiapkan diri saat penyampaian dokumen pendaftaran. Pihaknya juga akan intens menyampaikan imbauan kepada KPU Kota Magelang terkait tahapan yang berjalan guna meminimalisir potensi pelanggaran.