Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020, Senin (24/08/2020). Rapat mengundang perwakilan partai politik peraih kursi DPRD Kota Magelang di pemilihan umum 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang dan Kepolisian Resor Kota Magelang.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyampaikan bahwa pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) tanggal 4 - 6 September 2020 tinggal beberapa hari lagi . “Dalam pendaftaran bakal paslon ada syarat pencalonan dan syarat calon yang harus dipenuhi dan mohon untuk partai pengusung mencermati agar nanti tidak ada kesalahan administrasi,” pesan Basmar.

Dalam rakor tersebut, Anggota KPU Kota Magelang Divisi Teknis Pencalonan Sukorini Saddewi Tyastuti menyampaikan materi tentang tata cara penyampaian berkas dan pengisian formulir serta kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi oleh bakal paslon. “Dalam penyampain berkas KPU Kota Magelang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” jelas Sukorini.

Sejumlah pertanyaan mengemuka dalam sesi tanya jawab. Di antaranya mengenai penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon), pemenuhan surat keterangan dari Pengadilan Negeri, dan tanda tangan di specimen pada saat pembukaan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK). 

Kapolres Magelang Kota Nugroho Ari Setyawan menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah mempersiapkan 55 personil untuk pengamanan pendaftaran bakal paslon.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Sri Rahayu menyampaikan bahwa dalam pengawasan, Bawaslu Kota Magelang berupaya menegakkan aturan-aturan yang ada di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). “Selain mengawasi pelaksanaan tahapan pemilihan, kami juga mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di setiap tahapan," tambahnya.

Dia juga menyampaikan imbauan agar KPU Kota Magelang dalam pendaftaran bakal paslon dapat memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk menyiarkan secara langsung kegiatan pendaftaran bakal calon. (Bambang)