Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang kembali melaksanakan rapid test kepada jajaran penyelenggara pemilihan, pada tanggal 18 - 20 November 2020. Rapid test kali ini dilakukan terhadap 2.097 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020. 

Jumlah tersebut terdiri dari 1.631 KPPS dan 466 orang Petugas Ketertiban atau linmas yang tersebar di 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang. Pelaksanaan rapid test di masing-masing kecamatan, yakni Kecamatan Magelang Utara, Magelang Tengah, dan Magelang Selatan. Dalam satu hari dijadwalkan dua kelurahan melakukan rapid test di setiap kecamatan. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang bekerja sama dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soerojo Kota Magelang untuk pelaksanaan rapid test. Sebanyak 15 petugas kesehatan  RSJ ditempatkan di tiap kecamatan. 

Sesuai Keputusan KPU RI Nomor 476/PP.04.2-Kpt/01/KPU/X/2020, anggota KPPS yang telah ditetapkan wajib melaksanakan pemeriksaan yang berkaitan dengan Corona Viruse Disease (Covid-19).  Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test, dinyatakan reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab test.