Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Pemeliharaan Daftar Pemilih Pasca Pemilihan Serentak 2020 menjadi topik Live Talkshow  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang di Radio Magelang FM 103,5 FM, Rabu (17/2). Talkshow menghadirkan narasumber Ig. Bambang Sarwodiyono, S.Kom selaku Anggota KPU Kota Magelang Divisi Sosdiklih dan Parmas dan Purwanti Juli Wardani, S.E., Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Purwanti menyampaikan KPU Kabupaten/Kota berkewajiban memutakhirkan data pemilih, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. “KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Purwanti.

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bertujuan memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu/pemilihan selanjutnya. Adapun KPU Kota Magelang saat ini tengah melengkapi data yang akan diunggah di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) sebagai bentuk persiapan, sebelum PDPB dilaksanakan.

Dia menambahkan, tantangan dalam PDPB adalah kemampuan berinovasi untuk memperoleh akses data, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Menurut Purwanti, dibutuhkan kreativitas dan terobosan, serta sosialisasi PDPB melalui berbagai media. Pihaknya berharap masyarakat berperan aktif dalam memberikan masukan dan tanggapan.

Selain data pemilih berkelanjutan, kegiatan sosialisasi, pendidikan pemilih berkelanjutan juga menjadi agenda KPU Kota Magelang yang dilaksanakan pasca pemilihan tahun 2020. Bambang menyampaikan bahwa KPU Kota Magelang, mengagendakan optimalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) dengan menyiapkan strategi sosialisasi menggunakan media sosial. “Strategi ini merupakan bagian dari aplikasi standar protokol kesehatan di saat pandemi covid-19,” tegas Bambang.