Magelang-kpud-magelangkota.go.id- KPU Kota Magelang menggelar sarasehan dengan awak media massa, dengan mengangkat topik bahasan evaluasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, Selasa (23/2), di Rumah Makan Keboen Semilir Magelang.

“Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan evaluasi KPU Kota Magelang dengan stakeholder terkait dalam pemilihan 2020,” kata Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron. Dalam kegiatan tersebut, Basmar memaparkan materi kilas balik penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020.

Menurut Basmar, pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang luar biasa bagi penyelenggara pemilihan. “Dalam setiap tahapan ada protokol kesehatan yang harus kami taati, sehingga mohon maaf apabila menimbulkan ketidaknyamanan peliputan rekan-rekan media dengan ruang gerak yang terbatas,” ujarnya.

Menanggapi paparan materi yang disampaikan, beberapa wartawan menyampaikan saran dan masukan. Jurnalis TVRI Agus menyampaikan harapan agar ke depannya KPU Kota Magelang dapat menyediakan kebutuhan informasi untuk media elektronik dalam bentuk rekaman video dengan kualitas baik. Khususnya terhadap kegiatan yang membatasi peliputan langsung oleh media, seperti dalam masa pandemi Covid-19.

Hal senada disampaikan jurnalis Radar Semarang Puput. Dirinya berharap, KPU Kota Magelang dapat memfasilitasi kebutuhan dokumentasi foto-foto dengan angle yang bervariasi dan kualitas baik, mengingat sudut pandang pengambilan  foto oleh tiap-tiap jurnalis cukup beragam. Menurutnya, secara umum kinerja KPU Kota Magelang cukup baik dalam pemilihan 2020.

Sementara itu, Vely jurnalis Radio GKL FM menyampaikan apresiasi atas kinerja KPPS yang bersedia jemput bola ke rumah warga yang berhalangan hadir di TPS. “Ini berarti selain menjalankan tugasnya di hari pemungutan suara, mereka juga sebelumnya telah menyosialisasikan dengan baik kepada warga setempat,” katanya.

Sarasehan dihadiri oleh wartawan media cetak dan elektronik di Kota Magelang. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Ketua KPU Kota Magelang atas kerjasama yang telah terjalin dalam menyukseskan pemilihan tahun 2020. Dia berharap, pihaknya terus dapat menjalin sinergitas yang baik dengan media massa untuk memberikan informasi dan edukasi kepemiluan bagi masyarakat.