Magelang, kota-magelang.kpu.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang mengikuti kegiatan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka Kegiatan Pendampingan Non Fisik TMMD Sengkuyung I Kota Magelang Tahun 2021, di TPQ Al Falah, RW X Kelurahan Kedungsari, Selasa (23/3).

Narasumber dari KPU Kota Magelang Sri Nugraheni dan Bambang Sarwodiono, dalam kesempatan tersebut turut menyampaikan sosialisasi kepemiluan. Secara bergantian keduanya memaparkan penjelasan mengenai pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pemilihan).

“Kalau pemilu itu bersifat nasional karena yang dipilih adalah presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif baik tingkat pusat maupun daerah, sedangkan pemilihan bersifat lokal atau daerah karena yang dipilih adalah kepala daerah,” kata Bambang.

Selain KPU Kota Magelang, kegiatan penyuluhan diisi narasumber dari Kodim 0705 Magelang, Bappeda dan Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Narasumber dari Kodim 0705 Magelang diwakili oleh Kasdim menyampaikan materi berkaitan dengan keamanan lingkungan. Kasdim mengatakan bahwa saat ini situasi keamanan di Kota Magelang dalam keadaan kondusif meskipun masih dalam pandemi Covid-19.

Pihak Dinas Kesehatan Kota (DKK) memberikan informasi bahwa saat ini Kota Magelang sudah memasuki zona kuning. “Untuk itu marilah kita tetap menaati protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas),” imbau Puji dari DKK.

Adapun narasumber dari Bappeda menyampaikan adanya program 30 juta pertahun per RT dari Pemerintah Kota Magelang.

Perlu diketahui, untuk pelaksanaan kegiatan ini KPU Kota Magelang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang.